Ragam kemasan produk

Di dalam dunia packaging, ada beberapa material dan bentuk kemasan yang biasa dipergunakan, antara lain :

KEMASAN KALENG

Banyak digunakan di produk industri seperti cat, tinta, dan varnish. Juga dipergunakan minuman ringan dan makanan kaleng. Keunggulannya ringan dan kuat, kelemahannya adalah jika tidak anti karat maka akan mencemari makanan atau minuman.

KEMASAN GELAS / KACA

Keunggulannya adalah kebeningan kaca bisa membuat isi dalamnya terlihat sehingga banyak digunakan  untuk produk selai atau wine. Kelemahannya adalah mudah pecah.

KEMASAN KERTAS

Kelebihannya adalah murah dan mudah dicetak. Kelemahannya adalah mudah hancur. Biasanya hanya digunakan sebagai bungkus luar dari kemasan utama.

KEMASAN ALUMUNIUM FOIL

merupakan bahan alumunium yang tipis dibawah 0,2mm. Kelebihannya adalah tahan panas. Kelemahannya adalah cukup mahal. Biasanya dipakai sebagai pembungkus rokok.

KEMASAN KARTON

Kelebihannya adalah fleksibel dan mudah dibentuk, kelemahannya adalah tidak tahan basah seperti kaleng.

KEMASAN PLASTIK

Kelebihannya adalah fleksibel, murah, dan transparan. Ini adalah kemasan yang paling banyak digunakan di industri saat ini.

KEMASAN STYROFOAM

Kelebihannya adalah ringan seperti kertas dan tahan kebocoran. Kelemahannya adalah di beberapa negara, penggunaan bahan ini untuk makanan mulai dibatasi karena dianggap mengandung bahan berbahaya.

KEMASAN SACHET

Istilah kemasan sachet merujuk pada kemasan kecil yang bersifat sekali pakai buang (disposable). Kelebihannya adalah murah sehingga dan biasanya untuk produk yang sudah memiliki takaran tertentu seperti bumbu dapur dan obat. Kelemahannya adalah tidak cocok untuk produk yang berukuran besar.

KEMASAN TUBE

Tube adalah kemasan ringan yang biasanya digunakan untuk produk yang setengah cair seperti odol atau lem. Tube bisa terbuat dari alumunium atau plastik. Keunggulannya adalah isinya tidak mudah keluar kecuali kita memencetnya.

KEMASAN BLISTER

Blister adalah kemasan yang umumnya digunakan di dunia farmasi pada obat-obatam OTC (Over The Counter).

KEMASAN STRIP

Sama dengan blister, namun kemasan ini harus dibuka dengan cara merobeknya.

SCREW CAP (TUTUP PUTAR)

Adalah tutup putar dalam kemasan yang didalamnya berbentuk ulir. Cara ini biasa digunakan pada obat yang berbahan cair.

TUTUP FLIP

Adalah tutup kemasan yang harus dibuka dengan mencongkel ujungnya dengan jari kita. Kelemahannya adalah jika terlalu sering dibuka maka tutup mudah lepas. Bentuk ini biasanya digunakan pada sampo atau lotion.

TUTUP SPRAY

Adalah tutup yang mempergunakan tombol yang bila ditekan akan mendorong cairan di dalam kemasan dan mengubahnya menjadi gas. Obat nyamuk adalah contoh paling umum dari kemasan ini.

TUTUP DISPENSER

Tutup model ini banyak dipergunakan oleh produk sabun cair atau perawatan tubuh. Kemasan ini tidak menghasilkan partikel gas seperti tutup spray.

Iklan

~ oleh fairuzabadizef pada Januari 8, 2017.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: