Menangkal pemalsuan produk

Bagi para brand owner atau marketer, sudah pasti pemalsuan produk yang dipasarkannya adalah hal yang sangat merugikan, Karena pemalsuan produk berimbas ke brand image brand yang kita miliki dan bisa membuat omset drop hingga berpuluh-puluh persen. Konsumen loyal kita pun bisa berpindah ke lain hati karena jika brand yang disukainya banyak imitasi, maka lunturlah kebanggaan brand tersebut.
Penulis akan membagikan tips untuk menangkal pemalsuan produk yang kita pasarkan :

  1. Mendaftarkan hak cipta ke lembaga terkait. Dengan mendaftarkan hak cipta ini, sewaktu ada yang imitasi. Kita bisa mengajukan gugatan hukum.
  2. Melengkapi sertifikasi produk. Banyak sertifikasi produk yang bisa didaftarkan untuk menambah keunggulan produk tersebut serta menghindari pemalsuan. Contohnya adalah SNI (Standar Nasional Indonesia), tanda daftar PERMENDAG untuk kartu garansi dan buku petunjuk manual, sertifikasi Top Brand, sertifikasi Super Brand, Sertifikasi ReBi, dan sebagainya. 
  3. Serial number, cantumkan serial number di label produk. Biasanya untuk produk elektronik juga dicantumkan kode produksi yang sewaktu-waktu konsumen klaim garansi dapat dilihat dari kode produksinya atau konsumen bisa mengecek langsung di website produk tersebut
  4. Penggunaan ornamen, changing color, flourescent ink, dan hologram di packaging.
  5. Sertifikat atau kartu garansi yang disisipkan di kemasan serta nomor call center atau service center.

Produsen harus lebih banyak memberikan sesuatu hal yang berbeda yang sulit ditiru oleh pemalsu. Semakin banyak hal yang sulit dipalsukan, maka semakin malas pemalsu terhadap produk tersebut, karena umumnya pemalsu tidak tertarik dengan marjin yang kecil.

Iklan

~ oleh fairuzabadizef pada Januari 8, 2017.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: