Memahami Perbedaan Kualitas Barang antara ORIGINAL, OEM, KW SUPER dan KW

Kita cukup sering mendengar istilah kualitas produk seperti Original, OEM, KW Super bahkan sampai KW1, KW2, dan seterusnya. Sebenarnya apa perbedaan dari istilah kualitas produk tersebut?

Berikut saya sampaikan beberapa perbedaan kualitas produk tersebut yang saya rangkum dari pengalaman dan berbagai sumber.

ORIGINAL / ORI
Produk dengan kualitas Original adalah produk yang merupakan barang resmi dari pihak pembuatnya. Barang ini murni di produksi, di seleksi, di standarisasi oleh sang produsen sendiri sehingga kualitas barang benar-benar terjaga dan tidak mengecewakan para pembelinya. Membeli produk Original juga merupakan kebanggaan tersendiri bagi orang yang membelinya apalagi jika merk produk tersebut cukup terkenal di dunia.

Contoh : Fashion Prada dan Luis Vitton yang asli

ORIGINAL EQUIPMENT MANUFACTURER (OEM)

Produk OEM sering kali disamakan dengan KW padahal ini sangatlah salah dan jelas berbeda. OEM sendiri singkatan dari Original Equipment Manufacturer dimana merupakan produk yang memiliki kualitas sama dengan Original, lalu dimana perbedaannya? Jika produk Original di produksi oleh pihak pembuatnya sendiri, produk OEM merupakan produk Original pihak pembuat yang diproduksi produsen lain yang juga memiliki nama besar. Masih bingung? Berikut sedikit gambarannya.

Misalkan Perusahaan A membuat produk bernama ANONIM, maka ANONIM dengan kualitas Original dibuat di Perusahaan A itu sendiri, dengan produksi, Quality Control, dan packaging dari perusahaan A tersebt, Suatu saat pesanan Perusahaan A begitu banyak sehingga harus mencari partner lain yaitu Perusahaan B untuk membantunya dalam melakukan produksi untuk area tertentu. Produk ANONIM yang diproduksi pada Perusahaan B inilah yang dikatakan sebagai produk kualitas OEM. Meskipun begitu, produk ANONIM yang diproduksi oleh Perusahaan B akan tetap dijual dengan menggunakan Brand milik Perusahaan A namun harganya lebih murah dari produk Original. Biasanya, strategi ini dilakukan perusahaan untuk meningkatkan kapasitas produksi untuk mencukupi demand dan untuk efisiensi biaya distribusi.

KW SUPER

Mungkin istilah kualitas barang ini paling banyak dikenal oleh China dan Indonesia. Bagaimana tidak, China sangat terkenal mahir dalam membuat barang yang sangat mirip dengan produk Original dan bahkan mempunyai kualitas yang hampir 100% sama namun tanpa lisensi / ijin dari produk yang ditiru. Barang inilah yang disebut sebagai produk kualitas KW Super.

Contoh : Jersey Bola yang sangat mirip dengan aslinya dengan harga 200 ribuan.

Saya Pernah mengalami hal ini, saya membeli Sendal Merk tertentu di Sport Station dengan harga 150ribu. Namun sebulan kemudian saya menemukan sendal yang sama persis dengan sendal saya tersebut di pinggir jalan dengan Merk tidak terkenal hanya dengan harga 50ribu.

KW 1 , KW 2, KW 3

Inilah produk dengan kualitas paling rendah atau paling jelek dibandingkan dengan ketiga kualitas diatas. Produk KW dibuat dengan bentuk semirip mungkin dengan produk Original. Ingat bentuknya saja, bukan kualitasnya, mengapa? Karena produk KW dijual dengan harga yang sangat murah dan ditujukan untuk konsumen middle low. Untuk produk KW, kualitas KW1 adalah yang paling bagus dan semakin kebawah (KW2, KW3,dst) kualitasnya akan semakin jelek dan lebih murah.

Contoh : Sepatu Nike dan Adidas sebagainya yang dijual di pasar ataupun di pinggir jalan dengan harga yang sangat murah.

Demikian perbedaannya, semoga dengan adanya atikel ini kita dapat memahami dengan jelas perbedaan-perbedaan tersebut. Mohon komentarnya setelah membaca.

Iklan

~ oleh fairuzabadizef pada Agustus 6, 2016.

Satu Tanggapan to “Memahami Perbedaan Kualitas Barang antara ORIGINAL, OEM, KW SUPER dan KW”

  1. thanks artikelnya gan 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: