Tips untuk menghindari mata minus atau biar minus tidak mudah bertambah

image002
Bagi para blogger yang sering berlama-lama didepan layar Laptop/PC harus memperhatikan tips dibawah ini bila tidak ingin matanya minus (alias kabur bilamelihat jauh). Setiap berhadapan atau berada didepan layar monitor, organ yang bekerja keras adalah mata, apalagi dalam waktu yang lama, mata akan semakin bekerja keras. Kenapa mata harus bekerja keras?.
Mata kita melihat dengan normal apabila jarak antara layar dan mata juga normal yaitu lima kali dari diagonal layar. Contohnya apabila layar besarnya 14 inci, makajarak yang normal adalah 70 inci atau 1,7 meter. Apabila jarak pandang terlalu dekat, maka mata akan melakukan proses akomodasi (mencembung daripada normal) danbila dalam jangka waktu yang lama akan terjadi perubahaan struktur pada mata.
Perubahaan ini akan mengakibatkan bayangan benda yang masuk ke mata tidak jatuh padatitik yang normal (bintik kuning) seperti pada orang normal. Ini yang disebut Myopi atau Minus yang sering dikatakan orang. Biasanya diperlukan bantuan kacamata yang berlensa cekung agar bayangan jatuh tepat dibintik kuning tadi. Selain kacamatasekarang bisa juga dengan bantuan memakai lensa kontak atau bisa juga diatasi denganpengobatam sinar laser. Gangguan ini ( minus) semakin cepat terjadi pada anak yangpunya ortu berkacamata minus.
Tips untuk menghindari mata minus atau biar minus tidak mudah bertambah :
– Usahakan waktu didepan layar monitor tidak lebih dari satu jam.
– Apabila dirasa masih kurang sebaiknya berhenti dulu sebentar, dilanjutkan dengan berdiri atau bisa juga ke ruangan lain untuk sekedar minum.
Kemudian manfaatkan waktu dengan membuat mata supaya rileks dengan melihat benda-benda yang beradadikejauhan sambil mengedip-ngedipkan mata agar air mata keluar membasahi mata(Airmata berfungsi sebagai pelumas ).
Iklan

~ oleh fairuzabadizef pada Juni 24, 2016.

Satu Tanggapan to “Tips untuk menghindari mata minus atau biar minus tidak mudah bertambah”

  1. termakasih informasinya, kebetulan aku minus nih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: