Personal Branding. Bagaimana cara membangunnya??

Personal Branding. Ya, selama ini kita hanya beranggapan bahwa branding itu hanya untuk sebuah merk ataupun perusahaan saja. Namun tahukah kita bahwa diri seseorang manusia juga dapat di-branding??

Personal branding adalah citra/karakter yang ada di benak seseorang ketika orang lain mengasosiasikan orang tersebut. Tentunya setiap orang ingin memiliki branding yang positif sesuai dengan keinginan dan minatnya.

Contoh :

Personal Branding Ade Rai adalah atlet Indonesia yang sukses di bidang binaraga dan mengkampanyekan pola hidup sehat dengan fitness

Personal Branding Tukul adalah comedian pembawa acara di program 4mata. Program 4mata juga dapat diasosiasikan dengan Tukul.

Personal Branding Soekarno adalah presiden yang tegas dan pemberani

–  Personal Branding Ahok adalah Wakil Gubernur DKI yang tegas dan emosional

Personal Branding Bupati Garut, Aceng Fikri adalah Bupati yang suka menikah

Personal Branding anak komunitas/klub motor adalah solidaritasnya tinggi dan berperawakkan macho

Nah, jadi bagaimana dengan personal branding anda???

Personal Branding bukan hanya sekedar tentang pekerjaan,jabatan,hobi, dan gelar. namun juga lebih kearah kepribadian anda. Seperti presiden soekarno. Ada banyak mantan presiden Indonesia, namun Soekarno lah yang memiliki personal branding yang tegas dan pemberani. Walaupun keberanian di masa lalu beda dengan keberanian di zaman sekarang.

Orang yang memiliki Personal Branding yang bagus dan sesuai dengan keahliannya umumnya punya banyak teman, kolega dan cenderung dibutuhkan dan dicari oleh banyak orang, head-hunter (HRD perusahaan), klien, maupun orang yang sekedar ingin meminta saran dan nasehat.

Bagaimana membangun personal branding yang bagus?? Yaitu dengan melakukan hal-hal tersebut :

1- Kenali siapa diri anda, apa kemampuan anda, dan apa kelebihan anda?

Dengan mengenali siapa diri anda, menggali kemampuan serta kelebihan anda. Anda akan mengetahui kemana dan bagaimana anda akan mem-branding diri anda. Ibarat sebuah produk, perusahaan harus mengetahuin apa kelebihan produk tersebut, kekurangannya, segmentasi pasarnya, dan bagaimana cara menjualnya.

Personal branding anda adalah gambaran dan pikiran orang lain terhadap diri kita tentang nilai, kepribadian, keahlian, dan kualitas diri anda di bandingkan dengan orang lain.

2- Upgrade Kemampuan anda

Setelah anda mengenali diri anda, tingkatkanlah kemampuan anda agar tidak kalah bersaing dengan orang lain. Hal ini untuk meningkatkan kompetensi anda, terlebih di dalam dunia kerja.

3- Perluas Jaringan dan Silaturahmi

Dengan memperluas jaringan dan silaturahmi anda dengan banyak orang, maka akan meningkatkan banyak peluang dan orang akan lebih mengenal anda. Pengalaman saya, Jangan malas untuk sekedar mengucapkan ulang tahun kepada teman atau kolega karena itu akan membuat akan lebih dikenang oleh mereka.

4- Share Kemampuan Anda Kepada Khalayak

Zaman semakin modern, jika anda tidak mengaktualisasikan  kemampuan anda di media, maka akan tertinggal dengan yang lainnya. Segeralah mengaktulisasikan diri anda via blog, social media, dan forum-forum lainnya dengan aktif mengirim pendapat dan artikel di forum yg relevan dengan keahlian anda.

Selamat melakukan personal branding pada diri anda

Iklan

~ oleh fairuzabadizef pada Desember 24, 2012.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: